• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Kolaborasi BPTP Papua Barat, Polbangtan Manokwari, dan BPP Manokwari Lakukan Bimtek Pepaya Merah Delima bagi Mama-mama Papua

Dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk penguatan peran BPP Kostratani, bertempat di BPP Manokwari Rabu 24 November 2021 berlangsung bimtek bagi petani dan PPL. Kegiatan ini disponsori oleh Polbangtan Manokwari yang berkolaborasi dengan BPTP Balitbangtan Papua Barat.  Di hadiri 25 petani disekitar BPP Manokwari dan 10 PPL BPP Manokwari.

Kepala BPP Manokwari, Ir. Victor Tobing, dalam arahannya mengajak peserta untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat dan rahmatnya bimtek kali ini bisa dilaksanakan dan berharap semua peserta tetap sehat dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Victor berharap, peserta yang hadir dapat memanfaatkan semua sarana yang dimiliki BPP karena BPP adalah rumah bagi petani dan penyuluh.  Untuk itu peserta yang  dapat memanfaatkan setiap informasi dan teknologi yang berkaitan dengan pertanian untuk mengangkat ekonomi Mama-Mama Papua. Pada kesempatan itu, Victor berharap para petani khususnya kelompok Mama-Mama Papua Mulyono dapat memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam disamping untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, sebagian bisa dipasarkan. Harapannya dengan bimtek ini dapat menambah wawasan pengetahuan yang nantinya bermanfaat bagi  usaha taninya.

Sementara itu bimtek kali ini menghadirkan narasumber dari Polbangtan Manokwari, Ir. La Hambui Semahu, MP dengan materi budidaya tanaman pepaya yang baik dan keuntungannya dari sisi ekonomi.

Narasumber dari BPTP Papua Barat, Sostenes Konyep, SP dengan materi inovasi teknologi pepaya merah delima dan prospek pasarnya di Manokwari. Agar tetap sehat dan kuat, ayo konsumsi buah pepaya, demikian tutur Konyep. Disamping itu dipaparkan langkah-langkah dalam budidaya pepaya merah delima agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk memperoleh hasil berupa buah dan keuntungan finansial, mari kita menanam dan memanfaatkan setiap jengkal lahan kita dengan benih tanaman varietas unggul. Pada kesempatan itu diserahkan doorprize bagi peserta berupa tanaman pepaya dalam planterback bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan.

Tampak peserta sangat antusias memperhatikan setiap sesi pemaparan materi yang disampaikan. Acara bimtek yang dilanjutkan dengan praktik mempersiapkan benih pepaya yang baik dan menanam benih yang sudah dikecambahkan didalam polibek yang berisi media tanam tanah, pupuk kandang dan tandan sawit kosong. Ditempat yang sama diserahkan benih pepaya sebanyak 30 polibek untuk ditanam dilahan BPP Manokwari

Fince Kandewara, salah satu peserta yang hadir merupakan koordinator Mama-Mama Papua di Kompleks Mulyono mengaku sangat senang bisa mendapat pengetahuan tentang bercocok tanam pepaya merah delima yang baik dan berjanji untuk menerapkan ilmunya disamping mengajak teman-temannya sesama Mama-Mama Papua. Kandewara berujar untuk mengajak teman-temannya untuk merubah pola pikir kearah yang lebih baik dengan mengajak sesama Mama-Mama untuk memanfaatkan lahan BPP agar bercocok tanam pepaya merah delima dan sayuran.

Kegiatan bimtek ditutup Kepala BPP Manokwari, Ir. Victor Tobing yang mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, pemateri dan peserta khususnya Mama-Mama Papua yang sudah hadir pada bimtek kali ini.