• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Benih Pepaya Merah Delima sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa Sekolah Dasar untuk Mempersiapkan Generasi Muda yang Cinta Pertanian Di Masa Depan

Engkau boleh membengkokkan sebatang pohon yang masih muda kebentuk mana saja yang engkau inginkan, dan kalau dibiarkan, pohon muda itu akan terus bertumbuh sebagaimana yang engkau bengkokkan dan menjadi pohon yang salah bentuk dan akan selalu menuntut kesalahan tanganmu karena telah menyebabkannya menjadi cacat dan menderita. Engkau boleh sesudah bertahun-tahun pertumbuhan berusaha untuk meluruskan pohon itu, tetapi segala usahamu akan terbukti sia-sia. Pohon itu tetap bungkuk untuk selama-lamanya. Inilah kasus yang sama sama dengan anak-anak. Mereka harus dilatih dengan sangat hati-hati dan teliti pada masa anak-anak. Mereka dapat dilatih kearah yang benar atau salah. Kebiasaan yang dibentuk pada masa muda akan bertumbuh dengan pertumbuhan dan dikuatkan dengan kekuatan demikian seterusnya.

Dalam kaitan dengan kutipan diatas, dan untuk membentuk pola pikir anak-anak sejak dini agar mencintai pertanian dan mendekatkan inovasi kepada pengguna; BPTP Balitbangtan Papua Barat kembali menyerahkan sebanyak 50 polibek tanaman pepaya merah delima kepada SD N 8 Arfai. Penyerahan benih dilakukan oleh Sostenes Konyep, SP sebagai Penanggung Jawab Kegiatan Perbenihan Pepaya Merah Delima dan diterima Kepala Sekolah Tiarsem Sinaga, S.Pd. Pada kesempatan itu Konyep berpesan agar benih ini bisa menjadi wahana pembelajaran bagi anak-anak untuk mencintai pertanian sejak dini, belajar merawat dan nantinya diharapkan akan lahir generasi muda yang cinta akan pertanian.  Pada kesempatan itu, pihak sekolah melalui Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih kepada BPTP Papua Barat atas inisiasi untuk menyerahkan pepaya merah delima dan berjanji untuk merawatnya sebaik mungkin.

Diharapkan 8 bulan kedepan, anak-anak sudah dapat memanen dan mengkonsumsi buah pepaya merah delima baik sebagai buah segar maupun dalam bentuk jus buah. Adapun beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah pepaya : 1 )Antikanker karena mengandung likopen untuk mengurangi risiko antikanker, 2) Meningkatkan kesehatan jantung, 3) Meredakan peradangan, mengandung antioksidan untuk membantu imflamasi, 4) Menyehatkan pencernaan, mengatasi sembelit dan kembung.

 

Demikian harapan dan disertai usaha dan doa benih pepaya merah delima  yang ditanam dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Penyerahan benih dan diskusi pagi itu ditutup dengan menyampaikan pesan Menteri Pertanian,  Syahrul Yasin Limpo untuk menghadirkan “Pertanian Dalam Segenap Aspek Kehidupan Kita”,  “Bertani itu Hebat, Petani Itu Keren”.