• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Bimtek Budidaya Pepaya untuk Masyarakat Lokal

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai budidaya pepaya merah delima kepada masyarakat lokal pada 23 Oktober 2021 di Kampung Mansinam yang berada di Pulau Lemon, Manokwari.

BPTP Papua Barat terus memberikan dorongan kepada petani lokal untuk dapat melakukan budidaya pertanian melalui bimbingan teknis tersebut. Kegiatan ini bekerja sama dengan persatuan wanita kristen indonesia (PWKI) yang merupakan organisasi dibawah naungan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Papua Barat.

Acara dibuka oleh Ibu Lani Lakotani, selaku Ketua BKOW Papua Barat. Beliau menyampaikan bahwasanya sebagai wanita kita harus bisa mandiri. Selain untuk mengurus rumah tangga, kita juga bisa menanam sehingga dapat pula memberikan manfaat dalam memenuhi gizi rumah tangga.

Materi bimbingan teknis diberikan oleh Penyuluh BPTP Papua Barat Muh. Fathul Ulum Ariza SP, MSi dan Arya Bima Senna, SP. Materi yang diberikan tentang penyemaian benih, tatacara penanaman, hingga perawatan pepaya merah delima. Salah satu tujuan bimtek adalah nantinya masyarakat dapat melakukan budidaya pepaya merah delima setidaknya dalam skala rumah tangga untuk kebutuhan sendiri. Terlebih apabila nanti bisa menjadi pemasukan tambahan masyarakat lokal tersebut.

Setelah acara bimtek, dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa 100 benih pepaya merah delima kepada ibu rumah tangga di pulau lemon untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing sehingga apabila nanti berbuah, dapat membantu memenuhi gizi masyarakat di pulau lemon.