• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Kelompok Wanita Tani Anggrek Belajar Sekaligus Budidaya Pepaya Merah Delima

Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek yang diketuai Mama Rode Wihyawari di Kampung Aipiri Distrik Manokwari Timur Kabupaten Manokwari merupakan salah satu kelompok tani yang menerima bantuan benih pepaya merah delima dari BPTP Balitbangtan Papua Barat sebanyak 100 polibek beberapa waktu lalu.

Hari ini, Rabu 13 Oktober 2021, Mama Rode dan kelompoknya akan menanam benih pepaya tersebut di lahan kebun Kampung yang telah disiapkan. Adapun kelompok wanita tani ini dibina Olha Padang, S.Pt sebagai penyuluh pendamping dari BPP Manokwari Kota dengan jumlah anggota 25 orang.

Pada kesempatan tersebut, Sostenes Konyep, SP sebagai penanggung jawab Perbenihan Pepaya Merah Delima Kegiatan Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian BPTP Papua Barat memberikan penjelasan sekaligus praktik tentang cara menanam pepaya yang baik yang kemudian langsung diikuti oleh Mama-Mama anggota kelompok. Beliau juga menjelaskan bahwa kendala utama yang dihadapi para petani adalah tekstur tanah di Aipiri adalah tanah berbatu karang sehingga petani kesulitan untuk membuat bedeng, maka yang dilakukan adalah membersihkan tunggul-tunggul dan akar kayu sehingga sistem perakaran tanaman pepaya nantinya dapat berkembang dengan sempurna. Tampak Mama-Mama begitu antusias memperhatikan dan menyimak dengan baik sesi penjelasan dan diikuti dengan diskusi.

Semoga tanaman tumbuh subur dan buahnya dapat dinikmati Mama-Mama untuk kecukupan gizi dan ketahanan pangan keluarga.