• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Kunjungan Ketua Kelompok Tani Mbeisba ke Kantor BPTP Papua Barat

Pada hari Selasa 12 Oktober 2021 di Kantor BPTP Balitbangtan Papua Barat, kedatangan tamu istimewa. Dikatakan tamu istimewa  karena mereka adalah pejuang teknologi yang jarang terekspos dalam sepak terjangnya dilapangan untuk menerapkan pola usaha tani yang dianjurkan dan menggerakkan petani lain untuk mengikuti pola itu. Tamu istimewa itu adalah Adam Iba, Ketua Kelompok Tani Mbeisma Kampung Warbiadi, Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan. Pak Adam dan kelompok taninya adalah salah satu kelompok tani yang dibina BPTP Balitbangtan Papua Barat sejak tahun 2019. Kunjungan Adam dan Ibu ke BPTP Papua Barat diterima Kepala Balai,  Zainal Abidin, SP, MP.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai menyerahkan benih pepaya merah delima sebanyak 20 polibek dan menyampaikan rencana pengembangan pisang barangan merah di Papua Barat sebanyak 10 ribu pohon. Kepala Balai juga menyampaikan untuk tetap menjaga hubungan yang terbina selama ini sehingga hasil inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian dapat secara luas tersebar dan dinikmati para petani dan steakholder di bumi Kasuari Papua Barat.

Adam Iba sangat senang bisa memperoleh benih pepaya merah delima dan sukun. Adam menuturkan bahwa,  tujuan kunjungan adalah melihat dari dekat kegiatan perbenihan yang dikerjakan BPTP Papua Barat. Menurut Adam Iba, potensi lahannya ada sekitar 50 hektar yang sudah ditanami jagung, ubi kayu, ubi jalar dan pisang. Kalau ada benih tanaman hortikultura, akan diupayakan untuk ditanam di lahannya.

Setelah bincang-bincang singkat siang itu, pertemuan itupun diakhiri. Pak Inal, demikian sapaan akrap Kepala BPTP Papua Barat memberikan petuah; ibarat sebuah benih yang ditabur, demikian pula kebaikan yang kita tanam pasti akan di tuai.