• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Bimtek Hilirisasi Dukung Akselerasi Pengembangan Hortikultura

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hortikultura Komoditas Jeruk dan Pepaya Merah Delima Mendukung Kegiatan Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian pada Selasa (28/09/2021) di Aula Hotel Valdos Manokwari.

Acara tersebut dibuka dengan berdoa dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala BPTP Papua Barat, Zainal Abidin, S.P., M.P. Beliau menyampaikan bahwa penyebaran benih sebar harus semakin digencarkan sampai ke petani-petani wilayah Papua Barat. Selaras dengan komitmen Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mempunyai salah satu tugas yakni melakukan diseminasikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan dan dikembangkan. Diharapkan juga teknologi yang telah dihasilkan harus dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan petani maupun masyarakat umum.

Materi yang pertama disampaikan oleh Dr. ir. Amisnaipa, M.Si mengenai budidaya Pepaya Merah Delima dari mulai persemaian hingga panen. Beliau juga mendatangkan salah satu petani lokal, Septinus Wariki yang sukses melakukan budidaya PMD dari hulu hingga hilir. Panen yang dihasilkan juga sudah dipasarkan di supermarket wilayah manokwari.

Materi bimtek yang kedua mengenai teknik budidaya jeruk Bujangseta (Buah Berjenjang Sepanjang Tahun) disampaikan oleh Muh. Fathul Ulum Ariza, S.P., M.Si. Setelah penyampaian materi peserta sangat antusias bertanya dan berdiskusi mengenai materi yang disampaikan. Beliau juga membagikan beberapa benih jeruk kepada peserta yang paling aktif megikuti bimtek.

Bimtek hilirisasi yang dilaksanakan diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada peserta mengenai teknologi budidaya hortikultura. Sehingga peserta dapat melakukan budidaya hortikultura dengan lebih tepat.