• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Serahterima Mahasiswa PKL Program Studi DIII Teknologi Budidaya Perkebunan UNIPA

(28/06/2021) Kegiatan serahterima Mahasiswa/i Praktek Kerja Lapang (PKL) Program Studi DIII Budidaya Tanaman Perkebunan Universitas Papua (UNIPA) berlangsung di kantor Balai Pengkajian dan  Pertanian (BPTP) Papua Barat. Peserta PKL di serahterimakan oleh perwakilan Ketua Program Studi Budiyono, SP.,M.Sc. dan secara resmi langsung terima oleh Plt. Kepala Balai Ir. Demas Wamaer. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid19. Peserta PKL sehari sebelum tanggal pelaksanaan kegiatan serahterima telah dilakukan test antigen guna memastikan peserta PKL bebas dari Covid19.

Dalam kegiatan serah terima, Plt. Kepala Balai Ir. Demas Wamaer menyampaikan kegiatan PKL mahasiswa di BPTP agar terus dilakukan setiap tahunnya, agar inovasi teknologi yang ada di Litbang Pertanian tersebar meluas kepada mahasiswa/i sebagai calon Agen Perubahan (agent of change) bidang pertanian. Dalam kesempatan tersebut pula Budiyono, SP. M.Si menyampaikan terima kasih kepada BPTP Papua Barat telah menerima mahasiswa/i untuk dapat melakukan praktek secara langsung dilapangan. Mengingat ini kali pertama program PKL dilaksanakan pada situasi pandemic Covid19. Beliau juga memberikan pesan kepada mahasiswa/i agar taat dalam mengikuti semua jadwal yang telah disusun oleh BPTP dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan Praktek Kerja Lapang diikuti oleh sebanyak 18 orang mahasiswa/i dari Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan Universitas Papua (UNIPA). Sesuai dengan jadwal pelaksanaan PKL, dalam 30 hari kedepan peserta PKL akan melakukan praktek pada dua komoditas unggulan Papua Barat yaitu komoditas kopi dan kakao. Selain kegiatan Praktek, mahasiswa/i juga akan dibekali dengan pengetahuan tambahan yang akan dirangkaikan dengan kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan di Kebun Percobaan Amban. Kemudian, peserta PKL akan diajak untuk berkunjung ke petani binaan BPTP untuk melakukan praktek pada kebun milik petani.  Kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) di BPTP Papua Barat secara umum memiliki tujuan sebagai kegiatan dalam penyebaran inovasi kepada pengguna dan stakeholder lain dan terimplementasinya inovasi teknologi perkebunan Litbang Pertanian.