• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Dorong Petani Jagung Tingkatkan Produksi, BPTP Papua Barat Lakukan Bimtek

Manokwari (03/03/2021). Dalam rangka membantu petani meningkatkan Produksi Jagung di Kabupaten Manokwari, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat karya bersama petani jagung di Kali merah, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari.

Kegiatan Bimtek tersebut merupakan salah satu tupoksi dari BPTP untuk mendiseminasikan inovasi dari Badan Litbang Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Sebanyak 42 petani hadir dalam kegiatan tersebut. Petani yang hadir sangat bersemangat walaupun sedang mengalami masa pandemi seperti ini dengan didampingi dengan penyuluh setempat.

Materi Bimtek yang pertama disampaikan oleh Muh. Fathul Ulum Ariza, S.P, M.Si mengenai Teknologi Budidaya Jagung. Materi budidaya meliputi penggunaan benih unggul, pengolahan lahan, pemupukan yang tepat, hama dan penyakit, sampai dengan panen. Materi yang kedua mengenai pengolahan pasca panen jagung disampaikan oleh Lukman Hakim, S.Pt, M.Pt. Petani diberikan pemahaman mengenai cara pengolahan jagung menjadi tepung jagung sehingga dapat memperpanjang umur simpan serta dijadikan olahan berbagai macam makanan.  Sehingga dapat meningkatkan nilai tambah agar petani mendapatkan penghasilan lain dan tidak kesulitan dalam menjual hasil panen mereka.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Bimtek ini, dapat memberikan manfaat bagi petani serta meningkatkan kesejahteraan petani jagung di Kabupaten Manokwari.