• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)
Faites évoluer votre business !

Bimtek Padat Karya Perdana BPTP Papua Barat

Pemerintah melalui jajarannya termasuk Kementerian dan Lembaga menginstruksikan kegiatan Padat Karya untuk merangsang geliat perekonomian masyarakat. Termasuk juga pada Kementerian Pertanian. Program Padat Karya dikemas melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan untuk petani dan kelompok tani.

Output dari kegiatan ini yaitu terdiseminasi teknologi Badan Litbang Pertanian ke petani dan memberikan tambahan pendapatan dan meningkatkan daya beli petani khusunya petani miskin dan berpendapatan rendah terutama yang terdampak langsung pandemi Covid 19.

BPTP Papua Barat sebagai salah satu perpanjangan tangan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian di Papua Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Padat Karya perdana pada Senin (22/2) di Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 20 orang petani yang berasal dari kampung kampung Duwin, Iboslati, Dindey, dan Uncen. Kegiatan ini juga dihadiri 1 orang Penyuluh dari BPP setempat. Acara ini mengambil tempat di Markas Batalyon Infanteri 761/Kibibor Akinting dan dilaksanakan paralel dengan bimbingan teknis serupa untuk pasukan TNI di lokasi tersebut.

Adapun topik Bimbingan Teknis yang diambil yaitu Identifikasi Kesuburan Tanah dan Pengolahan Lahan. Pada praktek identifikasi kesuburan tanah dilakukan dengan penggunaan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) untuk menguji pH tanah dan rekomendasi pemupukan lahan. Sedangkan pada praktek pengolahan lahan diperkenalkan dan dilatih penggunaan traktor roda empat untuk pengolahan lahan. Kegiatan Bimtek Padat Karya ini akan dilaksanakan secara marathon di kelompok dan lokasi lain selama jangka waktu satu hingga dua bulan kedepan. (JS)