• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Kolaborasi BPTP PB dan TNI dalam Ketahanan Pangan

BPTP Papua Barat diagendakan akan melakukan kerjasama dengan Batalyon Infantri 761/Kibibor Akinting di Distrik Warmare Kabupaten Manokwari pada tahun 2021 ini. Markas Tentara Nasional Indonesia ini dikelilingi oleh eks lahan perkebunan kelapa sawit di satu sisi dan hutan pegunungan yang masuk dalam jajaran pegunungan Arfak di sisi lainnya pada distrik Warmare. Sedangkan pada kawasan sekitar juga terdapat perkampungan penduduk sipil seperti kampung Duin, Iboslati, Dindey, dan Uncen.

Pada Selasa (9/2) tim BPTP melakukan survey lokasi untuk kegiatan tersebut. Untuk kegiatan tahap awal akan dibuka lahan seluas 1 Ha sebagai lokasi rintisan pengembangan pertanian dalam rangka Ketahanan Pangan. Rencananya lahan rintisan ini rencananya akan ditanami beberapa komoditas pangan dan hortikultura seperti padi gogo, jagung, ubi jalar, ubi kayu, pepaya, dan sayur-sayuran.

Sebagai hasil inventarisasi awal untuk kegiatan ini diketahui Batalyon Infantri 761/KA di Distrik Warmare memiliki sumber daya berupa ± 60 Ha dan hanya sebagian kecil saja yang telah termanfaatkan sebagai lahan tempat berdirinya gedung dan bangunan kantor; jumlah pasukan sekitar 513 orang; dan alat-alat pertanian cangkul, sabit, dan sekop.

Rencananya program ini kedepannya akan disinergikan dengan beberapa institusi dan lembaga terkait seperti Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Manokwari, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Papua Barat serta Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat untuk pengadaan sarana prasarana kegiatan. Sedangkan fungsi BPTP sendiri adalah sebagai saluran inovasi teknologi pertanian yang dapat diterapkan untuk rintisan dan pengembangan lokasi pertanian ini.

Selain itu, diharapkan program ini juga kedepannya dapat melibatkan petani dan kelompok tani di sekitar kawasan Batalyon Infantri 761/KA Distrik Warmare. Pada akhirnya kegiatan ini diharapkan dapat berjalan baik dan menghasilkan manfaat dan kebaikan untuk semua pihak yang nanti terlibat di dalamnya.