• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Untuk Lihat Potensi, Staf Khusus Mentan Kunjungi Papua Barat

Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi Pembangunan Pertanian, Bapak Yesiah Ery Tamalagi, SE melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat pada hari Selasa (01/09/2020). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka menggali potensi yang ada untuk disampaikan ke Menteri Pertanian, Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat, Ir. Demas Wamaer, MP serta Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Manokwari, Lukas Saiba, SST menyambut baik sekaligus mendampingi kegiatan kunjungan kerja tersebut. Bapak Yesiah mengunjungi seluruh instansi lingkup Kementerian Pertanian dan juga kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kabupaten Manokwari.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah kantor Stasiun Karantina Pertanian kelas II Manokwari. Dalam kunjungannya, beliau menerima beberapa informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilakukan. Salah satu yang menjadi perhatian beliau adalah wilayah kerja SKP kelas II Manokwari yang beberapa sulit untuk dijangkau, sehingga tidak semua kabupaten dapat terlayani.

BPTP Papua Barat menjadi lokasi kedua dalam kunjungan kerja tersebut. Bapak Yesiah masuk ke Laboratorium pengujian untuk melihat layanan yang ada. Beliau menyampaikan bahwa layanan jasa seperti laboratorium ini penting dalam standarisasi mutu hasil pertanian. Beliau juga berpesan bahwa kurangnya personil yang menyebabkan bertambahnya jam kerja merupakan bentuk tanggungjawab kerja dan merupakan panggilan kerja. Sebelum meninggalkan BPTP Papua Barat, Bapak Yesiah juga menyempatkan diri untuk berkeliling ke Kebun Percobaan.

Lokasi ketiga yang dikunjungi yakni Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kabupaten Manokwari untuk mengetahui sejauh mana berjalannya program Kostratani. Beliau juga bertemu dan berdikusi dengan Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) terkait kendala-kendala yang dihadapi petugas lapang.

Polbangtan Manokwari merupakan lokasi terakhir yang di kunjungi oleh bapak Yesiah, beliau berkeliling ke seluruh area kampus tersebut. Beliau juga menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan dosen-dosen di Polbangtan Manokwari.