• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

BPTP Lakukan Sosialisasi Kostratani pada BPP Binaan

Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat melaksanakan Sosialisasi Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) dan BPP Model pada hari senin sampai selasa (10-11/08/2020) di Distrik Warmare dan Distrik Sidey Kabupaten Manokwari.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari tersebut terdiri dari sosialisasi dan pelatihan input data. Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Manokwari, Direktur Polbangtan Manokwari, Perwakilan Stasiun Karantina Pertanian Manokwari, Kepala Distrik, Koramil, Polsek, Kepala Kampung dan Penyuluh Pertanian Lapang (PPL). Tamu undangan tersebut merupakan stalkholder  yang nantinya akan mendukung terselenggaranya program Kostratani dari Menteri Pertanian, sehingga program akan terealisasi dengan cepat.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Manokwari, Kukuh Saptoyudo, SP, M.Si mengatakan bahwa PPL harus lebih disiplin dalam pencatatan data. Data-data yang nantinya akan diinput oleh PPL akan langsung dapat dilihat oleh Menteri. Diharapkan dengan adanya sistem yang seperti ini, PPL tetap menjaga semangatnya. Kepala Dinas juga menyampaikan bahwa data-data yang nantinya diinput merupakan data-data yang benar terjadi dilapangan dan disertai bukti berupa foto atau yang lainnya.

Materi dalam sosialisasi disampaikan langsung oleh kepala BPTP Papua Barat, Ir. Demas Wamaer M.P. beliau menjelaskan mengenai program Kostratani tersebut. Beliau juga menjelaskan mengenai alasan ditunjuknya Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Warmare dan Sidey sebagai BPP Model Kostratani. Harapan kedepan BPP tersebut akan menjadi pusat data dan informasi pertanian.

Untuk mendukung program tersebut, kedepan BPP akan di fasilitasi beberapa peralatan penunjang yaitu komputer, jaringan internet, drone. Penyuluh diharapkan menginput data tiap minggunya sehingga data yang tersaji lebih aktual.