• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Sosialisasi Kostratani dan Model BPP di Papua Barat

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat menghadiri acara "Sosialisasi Kostratani dan Model BPP Kostratani yang diselenggarakan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari pada Selasa (21/07/2020) di Distrik Prafi Kabupaten Manokwari.

Dalam sambutan dan arahan Kepala Dinas Pertanian  Kabupaten Manokwari, Ir. Kukuh Sapto Yudo mengatakan bahwa perubahan-perubahan banyak yang terjadi, terutama Kostratani seperti Kostrawil (Kostra Wilayah) ada di Gubernur, Kostrada(Kostra Daerah) ada di Bupati dan Kostra tani ada di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).  menurut Kukuh hal tersebut merupakan pekerjaan terhadap penyuluh yang ada di LAKU (Latihan dan Kunjungan).  Lebih lanjut Kukuh mengatakan bahwa ada 5 BPP yang ditunjuk oleh Dinas Kabupaten Manokwari untuk mendukung kegiatan Kostra Tani dari kelima BPP tersebut diantaranya adalah  (1) BPP Manokwari Utara, (2) BPP  warmare, (3) BPP Prafi Mulya, (4) BPP Masni dan (5) BPP Sidey.  Dari kelima  BPP tersebut akan dipasilitasi alat berupa drone untuk mendukung kegiatan Kostra tani di BPP.

Direktur Polbangtan Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes menjelaskan lebih luas mengenai tujuan pembangunan pertanian mulai dari menyediakan pangan sekitar 267 jiwa, meningkatkan kesejahteraan petani, meningkatkan expor hingga mencapai produktivitas kualitas dan kontinuitas dan hal tersebut akan di harapkan pada kegiatan Kostratani. Sementara implementasi  kegiatan Kostratani ditekankan pada (1) Penguatan kelembagaan termasuk didalamnya Simluhtan, Siluhtan dan Cyber Extension, Posluhdes, Kelembagaan Ekonomi Petani, Poktan dan Gapoktan, (2) Peningkatan kapasitas SDM seperti Petugas Pendukung, Penyuluh dan petugas Fungsional lain, Petani (milenial), pengusaha agribisnis), (3) Peningkatan penyelenggara dukungan terhadap program utama Kementerian Pertanian yaitu propaktani, Grasida, Gedor Horti, Sikomandan, GraTIEKs, KUR, PMS, dan Inovasi Teknologi. Acara diakhiri dengan diskusi seputar kegiatan Konstratani yang mendapatkan banyak respon baik dari tamu undangan.