• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Pelatihan Hidroponik Sederhana Skala Rumah Tangga

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  Papua Barat bekerjasama dengan Perempuan LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Provinsi Papua Barat mengadakan pelatihan hidroponik sederhana skala rumah tangga pada Senin (15/06/2020) di Manokwari.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 20 orang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Ditengah pandemi covid-19 yang sedang terjadi sehingga peserta pelatihan diwajibkan menggunakan masker saat pelatihan berlangsung.

Materi yang disampaikan adalah pemanfaatan lahan pekarangan dan budidaya hidroponik sederhana dengan menggunakan limbah rumah tangga. Kegiatan ini bertujuan memberi edukasi tentang pentingnya pemenuhan kesehatan keluarga akan makanan yang bergizi dan bermanfaat. Disisi lain, pemanfaatan barang-barang rumah tangga yang sudah tidak terpakai untuk budidaya hidroponik juga dapat mengurangi jumlah sampah plastik.

Antusiasme dari peserta sangat tinggi karena materi yang diberikan dirasakan sangat sederhana dan dapat langsung diterapkan. Pelatihan hidroponik diharapkan dapat menggugah kesadaran dan semangat peserta untuk memanfaatkan barang-barang limbah pekarangan di sekitar lingkungan rumah tangga dan mengurangi sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan.