• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Perpustakaan Pertanian Digital i-Tani BPTP PB

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini menuntut perubahan yang cepat di segala bidang kehidupan. Perkembangan ini tidak hanya terjadi pada kota-kota besar tetapi telah meluas hingga pelosok pedesaan. Dengan teknologi informasi dan komunikasi kita diberikan banyak kemudahan dalam segala aktivitas yang dilakukan sehari-hari, tidak terkecuali pada bidang pertanian.
Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut, muncul hal-hal penunjang pertanian yang berbasis teknologi, misalnya saja seperti aplikasi pertanian. Di era smartphone seperti sekarang ini, rasanya memang kurang sempurna jika dunia pertanian tidak turut didukung dengan adanya aplikasi pertanian berbasis Android. Salah satu aplikasi yang dapat direkomendasikan adalah aplikasi i-Tani.
iTani merupakan aplikasi perpustakaan digital besutan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Sejumlah koleksi digital lingkup Kementerian Pertanian dapat diakses oleh pengguna melalui perangkat mobile pengguna. Prinsip library comes to you membuat pengguna dapat meminjam dan membaca koleksi bidang pertanian tanpa harus mengunjungi perpustakaan secara langsung.
Keunggulan aplikasi ini yaitu aplikasi dibuat dengan berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Dengan fitur-fitur media sosial Anda dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain. Anda dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang Anda baca, menyampaikan ulasan buku serta mendapatkan teman baru. Membaca ebook di iTani jadi lebih menyenangkan karena Anda dapat membaca ebook secara online maupun offline. Dengan iTani membaca buku jadi makin mudah dan menyenangkan.
BPTP Papua Barat adalah salah satu member sekaligus kolektor pada aplikasi i-Tani. Perkembangannya akunnya juga cukup baik karena per 26 April 2020 BPTP Papua Barat telah memiliki total 26 judul, 80 eksemplar, 34 member, dan 28 judul yang pernah dipinjam pengguna. Selanjutnya, BPTP Papua  Barat berkomitmen untuk terus konsisten melakukan update koleksi-koleksi yang ada di i-Tani sehingga dapat menyentuh lebih banyak pengguna di masa yang akan datang.

Penulis: Junita Br. Nambela, SP