• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Pameran Bursa Inovasi Desa

Partisipasi BPTP Papua Barat dalam kegiatan Pameran “Bursa Inovasi Desa” di Kabupaten Manokwari pada tanggal 29 Oktober, 2018 membawa hasil yang maksimal bagi diseminasi produk badan litbang pertanian, khususnya pada Petani Lokal di Manokwari, Papua Barat. Kegiatan Pameran Bursa Inovasi Desa diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kab. Manokwari, dengan tujuan meningkatkan efektifitas penggunaan dana desa oleh para aparat desa.

 

Kegiatan pameran di hadiri oleh perwakilan petani local dan aparat kampung sekabupaten Manokwari sebanyak 160 peserta. Rangkaian kegiatan pameran dibuka oleh Bupati Manokwari: Demas Paulus Mandacan, S.Sos., M.Ec.Dev. BPTP Papua Barat diundang untuk mengambil bagian dalam dukungan inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian, bersama dengan Universitas Papua (Unipa), yang menampilkan beberapa hasil inovasinya.

Hasil inovasi Badan Litbang Pertanian yang ditampilkan antara lain : 1) Benih padi gogo Inpago 4, Inpago 8, Inpago 9, Inpago 11 dan Towuti, 2) Bibit Pepaya Merah Delima, 3) Varietas sukun asli Papua Barat (Sukun Iriana), 4) Bibit jeruk manis Siam banjar, Siam Pontianak, Borneo Prima dan Keprok Selayar, serta terdapat bibit kakao hasil sambung pucuk.

Benih padi gogo menjadi produk paling diminati peserta untuk dikembangkan di kampung masing-masing. Jeruk manis menjadi salah satu produk yang juga manarik minat pengunjung, bahkan beberapa kepala kampung langsung berkoordinasi dengan peneliti dan penyuluh untuk pemesanan bibit jeruk manis dalam jumlah besar (rata-rata ≥ 1.000 pohon per kampung). Tak luput perhatian para aparat kampung pada komoditas perkebunan, walaupun tidak banyak ditampilkan pada pameran ini. Beberapa Kepala kampung bersedia mengembangan cengkeh Zanzibar Gorontalo dan Kopi Arabika Wamena yang sedang di perbanyak oleh BPTP Papua Barat.