• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Workshop UAPPA/B-W Provinsi Papua Barat 2014

Bertempat di Kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua Barat, Kepala Balai, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Sub-bagian Tata Usaha membuka acara Workshop Konsolidasi Laporan Keuangan Unit Akuntansi Pembantu Pengelola Anggaran/Barang-Wilayah (UAPPA/B-W) provinsi Papua Barat Semester II T.A 2014.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan dalam prosedur proses penyusunan laporan keuangan lingkup Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Acara ini dilaksanakan di aula Kantor BPTP Papua Barat dan hadiri oleh Satuan Kerja (SATKER) penerima dana DIPA Kementerian Pertanian di wilayah Provinsi Papua Barat, verifikator eselon I Ditjen Hortikultura, Setjen serta Reviewer dari Itjen Kementrian Pertanian.
Acara yang berlangsung dari tanggal 19 hingga 23 Januari 2015 ini diikuti oleh 40 Satker peserta dari 10 Kabupaten dan 1 Kota se-Papua Barat. Satu Satker dari Badan Koordinasi Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fak-Fak tidak dapat menghadiri acara tersebut sehingga Arsip Data Komputer (ADK) yang diperlukan untuk menyusun laporan keuangan wilayah UAPPAB/W Papua Barat belum dapat dilengkapi.
Di Papua Barat, Satker Penerima dana DIPA Kementrian Pertanian memiliki jenis kewenangan yang meliputi Kantor Daerah, Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian yang merupakan Satuan Kerja Eselon III Kementrian Pertanian ditunjuk sebagai Setwil yang menjadi perwakilan dan perpanjangan tangan Setjen di daerah. BPTP bertugas untuk mengumpulkan dan menyusun laporan keuangan seluruh Satker penerima dana DIPA Kementrian Pertanian.
Pada tahun 2013, untuk pertama kalinya opini BPK terhadap LKPP setwil Papua Barat telah berpredikat WTP walaupun masih DPP. Karena itu diharapkan dari kegiatan ini dapat terwujud tertib administrasi dan tertib pelaporan dalam pelaksanaan anggaran yang berkesinambungan di lingkungan Kementrian Pertanian Republik Indonesia.