• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Wilayah Provinsi Papua Barat

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat ditunjuk sebagai sekretariat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran/Barang Wilayah (UAPPA-B/W) di Wilayah Provinsi Papua Barat.

Salah satu tugas dari sekretariat UAPPA-B/W (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran/Barang Wilayah) adalah mengkoordinasikan pelaporan penggunaan anggaran seluruh satker yang memperoleh dana dekonsentrasi dan dana tugas perbantuan di Wilayah – Provinsi Papua Barat. Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2010 tingkat wilayah Papua Barat lingkup Kementerian Pertanian Periode Semester II Tahun Anggaran 2010 dilaksanakan pada 18-24 Januari 2011 bertempat di SwissBell Hotel Manokwari.

Workshop yang ini dihadiri oleh Operator Simak BMN dan Operator SAK dari 38 satker di Papua Barat. Acara dibuka oleh Gubernur Papua Barat yang mewakili PLH Sekda Provinsi Papua Barat (Bapak Sawaki), kemudian dilanjutkan sambutan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, dilanjutkan laporan Ketua Panitia oleh Kepala BPTP Papua Barat (Dr. Ir. Abdul Wahid Rauf, MS). Dalam workshop tersebut diharapkan laporan keuangan yang dapat mempertahankan akun akun asset Negara yang tepat perlu dilakukan system jaringan SAI (Sistem Akuntansi Instansi). SAI bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah penyampaian laporan keuangan. Adapun Operator Sistem Akuntansi Instansi (Operator SAK dan SIMAK BMN) lingkup Kementerian Pertanian wilayah Provinsi Papua Barat yang hadir pada acara Workshop UAPPA-B/W tingkat satker se-Provinsi Papua adalah 38 (tiga puluh delapan) satker yang terdiri dari 51 (lima puluh satu) orang operator.

Dimana penyusunan laporan keuangan didata secara lengkap dalam melaksanakan Rekonsiliasi Barang Milik Negara sesuai dengan indicator yang jelas. Adapun indicator yang dalam penyusunan laporan keuangan yaituberupa Arsip Data Komputer, Catatan Laporan Keuangan, Berita Acara Kesepakatan dan Catatan hasil review.