• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Seminar Nasional BPTP Papua Barat

Pangan memiliki peran strategis karena pengaruhnya yang “multi dimensi”, mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan politik. Banyak negara yang mampu berubah menjadi negara maju karena kemajuan sektor pertaniannya, seperti China, Jerman, Australia, dan New Zealand. Sebailknya tatkala ketersediaan pangan menjadi langka, maka dapat menimbulkan keresahan di masyarakat dan mengganggu kesetabilan negara.

Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mewujudkan kedaulatan pangan,  diantaranya meliputi potensi Sumberdaya Alam (SDA), potensi Sumberdaya Manusia (SDM), dan kondisi sosial politik yang relatif stabil. Namun demikian perlu diakui bahwa potensi tersebut belum dapat dioptimalkan, terutama tekait dengan pemanfaatan SDA dan SDM.

Salah satu langkah strategis Kementerian Pertanian RI dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan yaitu melalui peluncuran program pengembangan kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebuanan, dan peternakan) yang diikuti dengan penerapan teknologi spesifik lokasi melalui program pendampingan yang intensif. Program ini diyakini bukan saja akan mampu meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumberdaya, tetapi juga dapat meningkatkan produksi dalam mendukung kedaulatan pangan.

Untuk mengawal sekaligus memantau perkembangan program tersebut maka Pemerintah Daerah Provinsi Papua Papua Barat bekerjasama dengan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat mengundang para peneliti, penyuluh, pemangku kebijakan, praktisi, dan pemerhati masalah pertanian, serta akademisi untuk berpartisipasi secara aktif sebagai pemakalah maupun peserta dalam seminar nasional. Seminar dimaksudkan sebagai wahana untuk menyampaikan informasi hasil-hasil penelitian dan inovasi teknologi pertanian baik tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, maupun peternakan.

Ketentuan Penulisan dan Penyajian Makalah

  1. Makalah merupakan hasil penelitian primer atau review tentang komoditas pertanian dan peternakan yang belum pernah dipublikasikan.
  2. Sistematika penulisan: Judul, Penulis, Instansi dan Alamat, Abstrak (bahas inggir dan Indonesia), Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar pustaka.
  3. Makalah dirulis dalam program MS. Word maksimal 12 halaman pada kertas A4 dengan batas kiri 3 cm; kanan, atas, dan bawah 2,5 cm; jenis huruf arial dengan spasi 1,5 pt.
  4. Makalah lngkap dikirim melalui email ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  5. Pemakalah harus menyiapkan file presentasi dalamm format power point dan dipresentasikan selama 10 menit.
  6. Pemakalah wajib membuat poster berukuran 60 X 90 cm (poltrait) dan memasang pada tempat yang akan disediakan panitian.
  7. Satu orang hanya boleh dua kali menjadi penulis pertama dalam makalah seminar (oral maupun poster).
  8. Makalah yang telah dipresentasikan dan telah melalui proses penyuntingan akan dimuat dalam Prosiding BPTP Papua Barat. 

 

Pemakalah Kunci

Panitia menghadirkan dua pemakalah kunci, yaitu:

  1. Kepala Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian
  2. Kepala Badan Litbang Daerah Provinsi Papua Barat

 

Waktu dan Tempat

Seminar Nasional ini akan dilaksanakan pada 8 - 9 November 2017 bertempat di Hotel Meredien Jl. Jend. Basuki Rachmat Km. 7,5 Kota Sorong Papua Barat.

 

Peserta Seminar

Peserta seminar terdiri dari peneliti, penyuluh, akademisi, pemangku kebijakan, praktisi dan pemerhati masalah pertanian..

Pendaftaran peserta dapat dilakukan dengan mengisi formulis pada lampiran dibawah.

 

Tanggal Penting tahun 2017

  • Sampai 27 Oktober 2017: Pendaftaran sebagai pemakalah
  • Sampai 1 November 2017: pendaftaran sebagai peserta
  • 27 Oktober 2017 : Batas akhir penerimaan abstrak dan Makalah Lengkap
  • 1 November 2017 : Pemberitahuan makalah diterima (oral atau poster) atau ditolak
  • 8-9 November : Pelaksanaan seminar nasional

 

Biaya Pendaftaran

  • Pemakalah : Rp. 150.000,-/makalah
  • Peserta umum/mahasiswa : Rp. 100.000,-/orang

Pembayaran melalui : Bank BNI no rek. 0495700665 an. Erny Rossanti Maruapei

 

Contact Person

  1. Subiadi : 081343673122
  2. Galih W. Hidayat : 081391612499
  3. Arif Yudo : 081344333722

 

Lampiran

Brosur Seminar Nasional 2017 BPTP Papua Barat

- Formulir pendaftaran