• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Pemanfaatan Komoditas Pangan Lokal Sebagai Sumber Pangan Alternatif Di Papua

Provinsi Papua merupakan salah satu daerah yang memiliki keragaman somber daya hayati yang cukup tinggi, termasuk tanaman sumber pangan lokal.

Sumber pangan lokal Papua yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat adalah ubi jalar, talas, sagu, gembili, dan jawawut. Pangan lokal tersebut telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Papua. Masyarakat yang berdomisili di daerah pegunungan umumnya mengonsumsi ubi jalar, talas, dan gembili, sedangkan yang tinggal di pantai memanfaatkan sagu sebagai pangan pokok. Beberapa jenis ubi jalar, talas, dan saga telah beradaptasi dengan baik dan dikonsumsi masyarakat Papua secara turuntemurun. Dengan demikian, komoditas tersebut perlu dikembangkan sebagai sumber pangan utama bagi masyarakat sehingga mengurangi ketergantungan pada pangan yang berasal dari betas. Selain digunakan sebagai sumber pangan utama dan untuk upacara adat, komoditas pangan lokal Papua juga telah dikembangkan menjadi produk olahan seperti kue kering yang dikelola dalam skala industri rumah tangga. Tulisan ini membahas pemanfaatan pangan lokal Papua sebagai sumber pangan alternatif yang diharapkan dapat menjadi somber pangan untuk mendukung ketahanan pangan pada tingkat regional maupun nasional.

A. Wahid Rauf* dan Martina Sri Lestari - BPTP Papua Barat, BPTP Papua

Kata kunci: Pangan lokal, sagu, umbi-umbian, jawawut, Papua
informasi selengkapnya hub: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Agrosains 7(2): 134-138, 2005