• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Tani Mas Ciptakan Peluang Agropreneur Milenial

Tim kegiatan Tagrimart dan Obor Pangan Lestari (OPAL) yang diketuai oleh Galih Wahyu Hidayat, S.P. berkunjung ke SMA Negeri 1 Manokwari dan SMA Negeri 2 Manokwari dalam rangka pendampingan kegiatan Pertanian Masuk Sekolah (Tani Mas) pada Rabu, (29/01/2020).

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah setiap individu memiliki hak konsumsi pangan sesuai dengan UUNo.18/2012 dan sumber daya manusia harus sehat, berkualitas, aktif dan produktif. Diharapkan dengan kegiatan ini regenerasi pertanian atau petani dapat berjalan. Generasi muda diharapkan dapat melanjutkan kegiatan pertanian dengan pendekatan yang lebih maju dan modern.

Tani Mas atau yang dulu dikenal denga istilah PMS merupakan kegiatan budidaya pertanian yang dilaksanakan oleh siswa dan guru di lingkungan sekolah secara berkelanjutan di bawah tanggungjawab Dinas Ketahanan Pangan Provinsi. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu (1) meningkatkan pengetahuan siswa tentang budidaya pertanian (2) menumbuhkan semangat siswa menjadi agripreneur (3) meningkatkan ketersediaan dan akses pangan

Kegiatan ini dimulai pada akhir tahun 2019 yang dirintis oleh Badan Ketahanan Pangan dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Kegiatan di Provinsi Papua Barat dilaksanakan di SMA N 1 Manokwari dan SMA N 2 Manokwari sebagai pilot project percontohan sebelum dikembangkan di sekolah yang lainnya. Diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang budidaya pertanian dan dapat menggunggah minat siswa dalam mengembangan diri menjadi seorang agripreneur.

Berdasarkan hasil kunjungan diketahui bahwa kegiatan sudah berjalan dengan baik, masing-masing sekolah sudah dapat mengaplikasikan dan berhasil panen sebanyak 2 kali panen. Ke depan akan dilakukan pendampingan dan bantuan aneka benih sayuran dari kegiatan Tagrimart dan OPAL BPTP Papua Barat agar kegiatan tetap dapat terlaksana dengan baik sepanjang tahun 2020.

Penulis: Galih Wahyu Hidayat, SP