• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Koordinasi Program bersama Dinas Pertanian Mansel

Tim peneliti BPTP Papua Barat melakukan kunjungan ke Dinas Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan pada Jumat (24/01/2020). Kunjungan tersebut masih terkait dalam rangka koordinasi program pengkajian mengenai pengembangan kawasan perkebunan kakao berbasi korporasi di Papua Barat.

Dalam kunjungan tersebut tim peneliti memaparkan program yang dibawa serta meminta masukan dan dukungan dari Dinas Pertanian. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah usia kakao di daerah Ransiki yang telah lebih dari 25 tahun, yang menyebabkan pohon kakao tidak produktif lagi. Untuk itu lebih baik apabila tanaman kakao diperbaharui, bukan hanya direhabilitasi. Namun tentu saja dibutuhkan suntikan dana dari investor untuk proyek besar tersebut. Meskipun demikian, pada dasarnya Dinas Pertanian siap mendukung program dari BPTP demi meningkatnya kesejahteraan petani.

Setelah itu, tim peneliti juga mengunjungi salah satu calon petani kakao kooperator potensial yang direkomendasikan oleh koperasi Ebier Suth. Ibu Helena, petani kakao ini merupakan petani lama yang masih bersemangat tinggi untuk tetap memproduksi kakao kering. Namun tentunya banyak hambatan yang beliau rasakan seperti halnya kurangnya tenaga dan ketersediaan alat.

Jalan untuk bisa membantu petani kakao untuk meningkatkan produksinya memang masih panjang. Namun setidaknya hari tersebut menjadi titik awal sebuah usaha bersama dari para peneliti di BPTP Papua Barat, Dinas Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan, dan Koperasi Ebier Suth untuk mensejahterakan petani kakao khususnya di Ransiki, Manokwari Selatan.