• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

BPTP Sukses Gelar Workshop Penyuluh Pertanian

Workshop “Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian di Era 4.0” dalam mendudukung gebyar perbenihan nasional ke VII sukses diselenggarakan oleh Tim dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat pada Selasa (20/10/2019) di Aimas Convention Center Kabupaten Sorong.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Dr. Yacob Fonataba, M.Si, Tim kegiatan workshop dari BPTP Papua Barat dan lebih dari 40 penyuluh pertanian yang berasal dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Raja Ampat.


Dalam sambutannya, Dr. Yacob menyampaikan  bahwa pertanian hendaknya menjadi prioritas dalam program ketahanan pangan sehingga penyuluh juga harus berperan didalamnya. Beliau menambahkan kebutuhan pangan selalu meningkat tetapi kesediaan pangan tidak signifikan mengikuti. Beliau juga menyinggung soal target swasembada pangan di tanun 2045 yang harus diwujudkan sehingga institusi terkait di bidang pertanian maupun non pertanian harus bersinergi dan mendukung satu sama lain.

Terkait dengan kegiatan workshop, beliau sangat mendukung adanya kegiatan tersebut. Menurut pandangannya, petani dan penyuluh mempunyai tugas yang berat karena keduanya turut berkontribusi dalam peningkatan produktifitas. Penyuluh harus bisa memberi motivasi khususnya kepada org asli Papua agar mau bertani untuk berorientasi pada penjualan bukan hanya untuk konsumsi pribadi sehingga harus mengoptimalkan lahan pertanian yang ada.

Sebanyak lima narasumber BPTP Papua Barat memberikan materi kepada peserta workshop. Narasumber pertama dari peneliti yakni, Dr. Amisnaipa, S.P., M.Si yang memberikan materi mengenai perbenihan pepaya. Selanjutnya penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) disampaikan oleh penyuluh, Galih Wahyu Hidayat, S.P. Materi ketiga mengenai Metodologi Evaluasi Kinerja Penyuluhan disampaikan oleh Muh. Fathul Ulum, S.P., M.Si. Sedangkan materi mengenai pemanfaatan aplikasi berbasis android disampaikan oleh Arya Bima Senna, S.P. dan Rinjani Alam Pratiwi, S.P.

Kegiatan workshop menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh BPTP Papua Barat setiap tahunnya. Harapannya, kegiatan tersebut dapat memberikan energi positif bagi penyuluh daerah sehingga memberikan manfaat bagi pertanian di wilayah Papua Barat.