• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Pupuk Kandang untuk Tanaman Kakao

Tim kegiatan Bioindustri Balai Pengkajian Teknologi (BPTP) Papua Barat bersama Kelompok Tani Sumber Harapan Prafi serta didampingi Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) membuat pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing pada Sabtu (19/10/2019) di Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Acara tersebut diikuti oleh 8 anggota dari kelompok tani, 1 orang PPL setempat dan 4 orang dari BPTP Papua Barat. Kotoran ternak yang diolah menjadi pupuk kandang kurang lebih 1 ton yang nantinya akan diaplikasikan ke kebun kakao yang dikelola oleh kelompok. Pedampingan dari tim BPTP tidak hanya satu hari saja tetapi dilakukan secara kontinyu.

Kegiatan Bioindustri BPTP Papua Barat mengambil tema pengintregasian antara pengembangan tanaman kakao dengan ternak kambing. Kotoran kambing diolah menjadi pupuk kandang dan diaplikasikan untuk tanaman kakao. Sedangkan limbah dari tanaman kakao juga bisa untuk menjadi pakan kambing.

Diketahui potensi pengembangan tanaman kakao di Manokwari cukup besar. Sehingga perlu adanya pendampingan dari pemerintah dalam upaya pengembangan kakao tersebut. Harapannya, dengan semakin tingginya produksi kakao maka akan berdampak baik pada perekonomian rumah tangga petani.