• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Rapat Koordinasi dan Evaluasi UPSUS Pajale

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi “UPSUS Percepatan LTT Pajale Provinsi Papua Barat” pada Senin (14/10/2019) di Ruang Rapat Hotel Oriestom Bay Manokwari.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Badan Pusat Statistik Provinsi Papua Barat, Kodam Kasuari Provinsi Papua Barat, Dinas Pertanian Kabupaten se-Papua Barat dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Manokwari.

Dalam sambutan dan arahan Kepala BPTP Papua Barat, Ir. Demas Wamaer, MP menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Rakor dan Evaluasi UPSUS tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan pada bulan Maret 2019 di Sorong. Dengan adanya pertemuan ini kiranya output yang direncanakan berupa pendataan Baku Luas Tambah Tanam dan Hasil Produksi Padi, Jagung dan Kedelai dapat tercapai dari peserta yang kami undang dan berperan aktif dalam pendataan ini. Agar data daat tersinkronisasi antara pihak pihak terkait yang telah diberikan kewenangan. BPTP Papua Barat sendiri bertugas sebaga Penanggungjawab UPSUS untuk Wilayah Papua Barat. Dimana melakukan pendampingan dan supervisi dalam meningkatkan hasil Produksi Pertanian di wilayah tersebut.

Turut hadir pula Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dr. Yacob Fonataba, SP, M.Si yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa perlu adanya keseriusan dalam mendukung program pemerintah, khususnya pencapaian target mengenai pangan. Menurut pendapat beliau Presiden sudah mencanangkan program yang baik dengan juga melibatkan TNI dalam mencapai target tersebut. Sumbangan Papua Barat dalam pencapaian target nasional masih cukup rendah, sehingga dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten di Papua Barat dapat berdiskusi mengenai solusi yang akan dilakukan untuk dapat mencapai target yang diberikan. Beliau juga menyampaikan hal ini bukan merupakan tanggungjawab dari satu institusi saja, tetapi merupakan tanggungjawab dari seluruh institusi yang terkait. Seluruh Dinas Pertanian Kabupaten yang ada juga diminta mengaktifkan kembali mantri tani dan menempatkannya di lokasi-lokasi yang merupakan sentra produksi pertanian.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Drh. Purwanta, M.Kes turut menyampaikan sambutan mengenai peranan Polbangtan dalam mendukung program UPSUS Pajale. Peran BABINSA dalam penanganan LTT dan Laporan Sementara Data LTT juga turut disampaikan oleh Letkol. Jhonson Pasaribu. Lantas, mengenai peranan BPS dalam pendataan luas lahan dan produksi tanaman pangan disampaikan oleh Lasmini, M.Stat. Op. Res. Selaku perwakilan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Papua Barat.

Acara dilanjutkan dengan Evaluasi LTT Pajale triwulan sebelumnya dan dilanjutkan dengan penetapan Target LTT per Kabupaten Bulan Oktober, November dan Desember yang dipandu secara langsung oleh Tim UPSUS dari BPTP Papua Barat.