• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

BPTP Papua Barat Berduka

Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 sekitar pukul 06.10 pagi Waktu Indonesia Timur, kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua Barat mengalami kebakaran yang menghanguskan 90 persen lebih bagian bangunan dan isinya. Gedung yang telah berdiri selama kurang lebih 12 tahun ini merupakan kantor salah satu satker dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian.

Berdasarkan keterangan dari Security kantor yang sedang bertugas saat itu, kebakaran diduga berasal dari konsleting listrik di lantai dua gedung. Lokasi ini terdiri dari ruang Laboratorium Diseminasi, Aula utama, dan Ruang Kerja Kelji (Kelompok Pengkaji) BPTP Papua Barat. Api kemudian menjalar keseluruh penjuru lantai hingga merambat ke lantai 1 gedung karena banyak material yang mudah terbakar.

Karena terjadi pada saat akhir pekan dan minimnya fasilitas pemadam di area Kota Manokwari menyebabkan pemadaman oleh mobil pemadam kebakaran baru dapat dilakukan sekitar 2 jam setelah kebakaran berlangsung. Sebelum itu, upaya pemadaman secara manual yang dilakukan security kantor dibantu oleh warga sekitar tidak banyak memberikan hasil.

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 09.30 WIT setelah petugas pemadam kebakaran dengan 1 unit mobil pemadam dibantu 1 unit mobil watercanon milik Poda Papua Barat saling bantu dalam memadamkan api.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka pada insiden tersebut. Namun kerugian materiil diperkirakan mencapai milyaran rupiah. Sebagian besar dokumen administrasi dan aset kantor hangus terbakar. Hanya sebagian kecil dokumen dan koleksi buku yang disimpan di perpustakaan yang masih dapat diselamatkan.

Pihak Kepolisian telah memasang gari polisi dan melakukan identifikasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Semoga kejadian ini dapat menjadikan pelajaran bagi BPTP Papua Barat dan lingkungan sekitar untuk labih waspada terhadap kemungkinan terjadinya musibah kebakaran dengan melakukan berbagai upaya sebagai tindakan pencegahannya.