• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Distribusi Benih Sukun Iriana Kepada Masyarakat

Kegiatan perbenihan merupakan salah satu kegiatan strategis BPTP Papua Barat pada dua tahun terakhir ini. Pada tahun 2018 dan 2019 BPTP Papua Barat memiliki beberapa perbenihan antara lain perbenihan tanaman perkebunan dan tanaman hortikultura. Tujuan kegiatan perbenihan adalah untuk menghasilkan benih bermutu dan bersertifikat serta memiliki beberapa keunggulan untuk dibudidaya atau dikembangkan oleh petani. Salah satu benih hortikultura yang diproduksi BPTP yaitu benih sukun. Benih sukun yang diproduksi adalah benih sukun Iriana yang asal benihnya dari setek akar.

Seyogyanya, sukun merupakan salah satu komoditas hortikultura yang sangat berpotensi sebagai tanaman pangan di Papua barat. Tanaman ini sudah lama dikonsumsi seperti tanaman pangan ubi-ubian. Sukun di Papua Barat memiliki kekhasan dalam hal rasa yang enak dan teksturnya yang sangat gurih, serta ukuran buahnya yang besar. Papua Barat telah merilis sebuah varietas sukun yang diberi nama” Sukun Iriana” Tanaman ini akan terus dikembangkan untuk ketahanan pangan dan keperluan industri pangan di Papua Barat. 

Keunggulan varietas Iriana antara lain: persentase bagian buah yang dapat dikonsumsi mencapai 87,9% - 90,13%; daya simpan lama sekitar 5-7 hari; produksi tinggi dengan hasil buah/pohon/tahun 1.277,4 kg/tahun sampai dengan 1.796,4 kg/tahun; bentuk buah simetri berbentuk bulat memanjang dengan bobot buah mencapai 4,5 kg (ukuran buah besar); kandungan karbohidrat dan vitamin C tinggi dengan kandungan lemak yang rendah. Selain itu, sukun Iriana dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik pada agroekologi yang cukup luas mulai dari 2 – 400 meter diatas permukaan laut.

Setelah benih sukun yang diproduksi memenuhi kriteria untuk dipindahkan tanam ke lapangan maka benih-benih tersebut akan didistribusi kepada masyarakat secara gratis. Pada 12 Agustus 2019 yang lalu telah dilaksanakan penyerahan benih sukun kepada masyarakat atas permintaan masyarakat yang bersurat ke BPTP Papua Barat. Adapun agenda kegiatan pada 12/08/2019 tersebut antara lain: 1) Penyerahan Benih Sukun 2) Penandatanganan berita acara serah terima (BAST); 3) Penanaman benih sukun di pelataran Balai Kampung. Acara ini dilaksanakan di Balai Kampung Bremi Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari, Papua Barat yang dihadiri oleh Kepala BPTP Papua Barat dan staff terkait, sedangkan dari pihak kampung diwakili oleh Sekretaris Kampung Bapak Musa Salabai dan beberapa warga kampung Bremi.

Penerima benih sukun yaitu warga Kampung Bremi yang berjumlah 43 kepala keluarga. Jumlah benih yang diserahkan sebanyak 45 pohon dengan rincian sebagai berikut: Dua pohon ditanam di balai kampung sedangkan empat puluh tiga lainnya akan ditanam di pekarangan rumah warga masing-masing. Diharapkan benih sukun yang telah diberikan dapat tumbuh dengan baik dan pada waktu mendatang dapat menjadi salah satu sumber pemenuhan gizi keluarga.