• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Gubernur Kunjungi Stan Pameran BPTP Papua Barat

Pekan Daerah IV KTNA resmi dibuka oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan pada hari Minggu 21 Juli 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Gedung Serba Guna Kabupaten Teluk Bintuni yang akan berlangsung dari tanggal 22 – 27 Juli 2019. 

Dalam sambutan pembukaannya, Gubernur menyampaikan bahwa pembangunan pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kehutanan merupakan program prioritas dalam pembangunan nasional. Sektor-sektor ini mempunyai peran strategis dalam perekonomian nasional. Peran strategis ini dapat diwujudkan melalui program yang menyentuh rakyat seperti pembinaan kepada petani/nelayan, peningkatan produktivitas komoditas strategis, mengembangkan rantai pasokan dari produksi sampai ke konsumen, membuka lapangan pekerjaan, serta meningkatkan pendapatan masyarakat dan tetap menjaga kelestarian alam. Sehingga untuk menyukseskan program tersebut diperlukan langkah-langkah strategis, antara lain: 1) perluasan lahan pertanian, 2) melestarikan sumberdaya perikanan, 3) penerapan teknologi perikanan, 4) pembangunan sarana prasarana pertanian dan kelautan, 5) promosi komoditas pangan lokal dan hasil laut, 6) pengembangan peternakan dan 7) penyempurnaan manajemen pelaksanaan program. Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan dapat menanggulangi kemiskinan dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Masih dalam sambutannya, Gubernur berharap Pekan Daerah ini dijadikan sarana untuk berkomunikasi, mendemonstrasikan dan menukar pengalaman serta mengembangkan prestasi dan juga sebagai wadah untuk mensosialisasikan paket-paket teknologi untuk mengembangkan pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan ketahanan pangan.

Usai pembukaan PEDA IV KTNA, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan didampingi Bupati Teluk Bintuni dan Bupati Fakfak beserta rombongan mengunjungi beberapa stan pameran dan salah satunya adalah stan BPTP Balitbangtan Papua Barat. Pada kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala BPTP Papua Barat Ir. Demas Wamaer. Kabalai menjelaskan terkait inovasi teknologi pertanian yang dihasilkan Balitbangtan kepada Gubernur dan rombongan yaitu antara lain VUB padi Amfibi, benih sukun Iriana, cengkeh, dan jagung Nasa 29. 

Komentar Anda  

# Ulum 22-08-2019 06:00
Mantap, lanjutkan dengan eksen di Lapangan.
Balas