• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Seminar Nasional dan Ekspose BPTP Papua Barat

Seminar Nasional dan Ekspose telah dilaksanakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua Barat di Kota Sorong Provinsi Papua Barat pada tanggal 8 Novenber 2017. Acara yang dilakukan di Hotel Meredien tersebut dihadiri oleh sekitar 200 perserta dari akademisi, peneliti hingga penyuluh pertanian. Dengan tema "Mewujudkan Kedaulatan Pangan Melalui Penerapan Inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokasi" diharapkan acara tersebut dapat menjadi wahana untuk menyampaikan informasi hasil penelitian berupa inovasi teknologi pertanian yang spesifik lokasi guna pengembangan kemajuan pertanian kedepannya.

Pada acara tersebut dihadirkan dua pemakalah utama. Yang pertama adalah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Prof. Dr. Bambang Prastowo selaku Profesor Riset di Balitbangtan Kementerian Pertanian, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat yaitu Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut., M.Si., FLS. Selain itu, pada acara Seminar Nasional dan Ekspose tersebut juga diikuti oleh sekitar 80 makalah baik makalah oral maupun makalah poster.

Pada pemaparannya, Profesor Riset Badan Litbang Kementerian Pertanian menyampaikan bahwa untuk menghasilkan invension atau penemuan berupa pengembangan teknologi baru, dibutuhkan kerjasama antar instansi, lembaga, dan bidang keilmuan. Hal ini bertujuan agar inovasi teknologi yang dihasilkan nantinya adalah teknologi yang tepat guna dan sesuai dengan kebutuhan pengguna akhir pada suatu lokasi. Selain itu, dengan kerjasama juga diharapkan proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat berjalan lebih efektif dan efesien. 

Disisi lain, Profesor Charlie D. Hehatubun sebagai Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat yang baru terbentuk sekitar dua bulan ini mengharapkan selain terjadi kerja sama dan sinergi, perlu dilakukan percepatan dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya yang ada di Provinsi Papua Barat ini. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dengan negara maju lainnya, maupun daerah maju lainnya di luar pulau Papua. Namun yang perlu diperhatikan dalam penelitian dan pengembangan suatu inovasi teknologi adalah kelestarian sumberdaya dan teknologi tersebut agar mampu bertahan dan bermanfaat dalam jangka waktu yang lama. 

Dengan terselenggaranya acara tersebut diharapkan dapat tersebar luaskannya informasi hasil - hasil penelitian dan pengembangan pertanian sehinnga dapat bermanfaat bagi kemajuan pertanian khususnya di Provinsi Papua Barat. Hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia.