• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Provinsi Papua Barat

Gerakan Tanam (GERTAM) Cabai yang telah dicanangkan Menteri Pertanian sejak akhir tahun 2016 terus berjalan termasuk di provinsi Papua Barat.  GERTAM Cabai merupakan upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat menanam cabai di pekarangan rumah agar dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga sehingga tidak sampai mengganggu ekonomi keluarga yang dapat berdampak ikut mendorong naiknya inflasi. 

Program GERTAM cabai dengan memanfaatkan potensi lahan pekarangan ini dilaksanakan secara masif seperti komoditas beras dan jagung.  Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menyatakan bahwa GERTAM Cabai memerlukan bantuan ibu-ibu rumah tangga sehingga untuk menyukseskan program ini, Kementerian Pertanian melibatkan berbagai organisasi wanita. Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesa (IWAPI) Pusat adalah dua organisasi wanita yang telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kementerian Pertanian untuk mensukseskan GERTAM Cabai. 

Di tingkat provinsi, melalui UPT Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Kementerian Pertanian menyediakan bibit cabai yang diberikan secara gratis untuk ditanam di pekarangan rumah anggota organisasi wanita daerah di seluruh Indonesia dan akan diberikan pendampingan dari penyuluh dan peneliti. BPTP Balitbangtan Papua Barat akan melaksanakan pendampingan dan pengawalan dalam proses pengembangan dan implementasi inovasi teknologi pertanian pada lahan pekarangan di lokasi yang disepakati. 

Pada hari Senin, 27 Maret 2017, bertempat di kantor Gubernur Provinsi Papua Barat, Penjabat Gubernur Papua Barat Drs. Eko Subowo, MBA telah mencanangkan Gerakan Tanam Cabai Provinsi Papua Barat setelah pelaksanaan apel pagi Pemda Provinsi Papua Barat. Dalam kesempatan apel pagi, Kepala BPTP Papua Barat, Ir. Demas Wamaer, MP, menyampaikan laporan pelaksanaan GERTAM Cabai di Papua Barat yang telah mulai berjalan sejak awal bulan Februari 2017. Pencanangan GERTAM Cabai dihadiri Pj. Gubernur Papua Barat, Sekda Papua Barat, Pj. Ketua TP-PKK Papua Barat, Ketua Dharma Wanita provinsi Papua Barat, TP-PKK beberapa kabupaten se-Papua Barat, IWAPI, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, Bhayangkari, Badan Kerjasama Organisasi Wanita dan SKPD terkait Provinsi Papua Barat. Pencanangan GERTAM Cabai juga ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat, Dra. Iit Kartika Eko Subowo dengan Kepala BPTP Balitbangtan Papua Barat.