• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Demplot Pepaya Merah Delima

Pada lahan Kebun Percobaan Andai telah dilaksanakan penanaman varietas unggul Baru (VUB) pepaya Merah Delima. Varietas unggul ini dihasilkan oleh Balai Penelitian Tanaman Buah (BALITBU) yang berada di Solok, Sumatera Barat. Sebanyak kurang lebih 120 pohon pepaya ditanam pada awal bulan Mei 2016 oleh koordinator KP Andai Bapak Sostenes Konyep bersama staf. 

Pepaya Merah Delima telah melalui tahapan evaluasi selama kurang lebih 8 tahun di Balitbu. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kestabilan sifat morfologi dan kualitas maupun kuantitas buahnya. Keunggulan lain pepaya Merah Delima yaitu daging buah lebih tebal, rasanya lebih manis dengan kadar gula (TSS) rata-rata 14°Brix, dan jumlah buah per pohon/4 bulan dapat mencapai 80 buah. Produktivitas tanaman dapat mencapai 90 ton/ha/empat bulan, dengan jumlah populasi 1200 tanaman/ha.

Pepaya Merah Delima dapat ditanam dengan jarak tanam 2x2m, sehingga produksi per hektar dapat lebih tinggi. Pepaya ini dapat dipanen pada umur 7-8 bulan setelah tanam dan umur produktifnya dapat mencapai 2-3 tahun. Pepaya Merah Delima dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik di lahan rawa pasang surut.