• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Uji Adaptasi VUB Padi Tahan Blas di Manokwari

Penyakit Blas pada tanaman padi disebabkan oleh jamur Pyricularia grisea. Pada awalnya penyakit ini merupakan salah satu kendala utama pada budidaya padi gogo, tetapi saat ini penyakit blas sudah menjadi salah satu peyakit utama pada budidaya tanaman padi sawah. jamur P. grisea dapat menyerang semua fase pertumbuhan tanaman padi mulai dari fase persemaian sampai menjelang panen.  Serangan Blas leher dapat menurunkan hasil secara langsung karena leher malai busuk dan patah yang menyebabkan pengisian terganggu dan bulir padi menjadi hampa. Parahnya, serangan Blas dapat menyebabkan tanaman menjadi puso. 

Saat ini telah ada laporan tentang serangan penyakit blas pada area pertanian di Kabupaten Manokwwari, papua barat. Karena itu BPTP Papua Barat segera melakukan uji adaptasi VUB padi tahan Blas untuk pengurangi dampak serangan penyakit ini lebih meluas. Pengandalian dampak penyakit Blas dengan melakukan uji adaptasi ini merupaka metode yang paling ekonomis dibanding dengan metode lainnya. karena dengan menggunakan varietas unggul baru keluaran Balitbang pertanian, diharapkan dapat memutus rantai inangnya.

Varietas unggul yang digunakan pada uji adaptasi di Manokwari sebanyak 5 varietas yaitu Inpari Blas, Inpari 40 Agritan, dan Biosa dari BB Biogen, serta menggunakan 2 varietas yang rentan penyakit blas sebagai kontrol. Dengan manajemen budidaya yang baik, dan penerapan teknologi badan litbang pertanian, diharapkan varietas unggul baru ini dapat meningkatkan produktivitas padi sawah di Kabupaten Manokwari