• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 62 986 2210832 (telp & fax)

Layanan BPTP Papua Barat Tetap Berjalan

Seperti yang kita ketahui bahwa pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 sekitar pukul 06.10 pagi Waktu Indonesia Timur, kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua Barat mengalami kebakaran yang menghanguskan 90 persen lebih bagian bangunan dan isinya.

Namun kejadian tersebut tidak menjadi alasan untuk penghentian kegiatan penelitian, pengkajian, kerjasama dan layanan lainnya di Kantor BPTP Papua Barat.

Untuk sementara semua kegiatan pelayanan perkantoran BPTP Papua Barat dipindahkan di Kantor Kebun Percobaan Andai BPTP Papua Barat, yang beralamat di Jl. Trikoran Andai Kompek Kementerian Pertanian, Manokwari-Papua Barat.

BPTP Papua Barat Berduka

Pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 sekitar pukul 06.10 pagi Waktu Indonesia Timur, kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua Barat mengalami kebakaran yang menghanguskan 90 persen lebih bagian bangunan dan isinya. Gedung yang telah berdiri selama kurang lebih 12 tahun ini merupakan kantor salah satu satker dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian.

Gerakan Tanam Serentak Menyongsong Musim Hujan

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua Barat ikut serta dalam “Gerakan Tanam Serentak Menyongsong Datangnya Musim Hujan” dalam rangka meningkatkan produktifitas dan mengurangi risiko gagal panen akibat serangan hama penyakit pada Jumat (27/09/209) di Kampung Sidey Baru, Manokwari. Kegiatan tersebut dikomando langsung oleh Babinsa, Penyuluh dan Kelompok Tani setempat. Turut hadir pula Paulus Demas Mandacan, S.Sos, M.Dev  selaku Bupati Manokwari, Ir. Demas Wamaer, MP  selaku Kepala BPTP Balitbangtan Papua Barat serta anggota DPRD, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Manokwari juga tamu undangan lainnya.

Selamat Jalan Bapak Abraham Oktavianus Atururi

Tanah Papua telah kehilangan salah satu putra terbaiknya pada Jumat dinihari tanggal 20 September 2019 kemarin yaitu Brigjen Marinir (Purn) Abraham Oktavianus Atururi. Beliau merupakan gubernur pertama provinsi Papua Barat periode 2003-2005 (Penjabat), periode 2006-2011, dan periode 2012-2017. Beliau juga dikenal sebagai tokoh pencetus pemekaran dan pembangunan di  Papua Barat.

Beliau lahir pada tanggal 13 Oktober 1950 dan tutup usia pada usia 68 tahun. Seperti diketahui bersama, nama Almarhum juga diabadikan sebagai nama jalan di kawasan komplek gubernur Arfai Manokwari.

BPTP Papua Barat pada awal berdirinya juga ada andil Almarhum di dalamnya. Adapun tanah tempat berdirinya kantor BPTP saat ini di kompleks lingkungan kantor Gubernur adalah atas izin pembangunan dan dan izin pakai yang disetujui oleh Almarhum.

BPTP Papua Barat mengucapkan turut berduka sedalam-dalamnya atas kepergian Almarhum. RIP Abraham Oktavianus Atururi. 

Benih Pala Bersertifikat untuk Petani Fakfak

Sebanyak 20.000 benih pala bersertifikat diserahkan kepada petani pala Kabupaten Fakfak. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh BPTP Papua Barat, yang diwakili oleh Dr. Aser Rouw, SP, M.Si kepada Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Fakfak, Ir. Abdul Rahim Patamasya, MSi yang disaksikan oleh Asisten II Kabupaten Fakfak, Charles Kambu, S.Sos, MSi. bertempat di Kampung Wrikapal Distrik Pariwari Kabupaten Fakfak (18/09/2019.